14 May 2019

Apa Saja Yang Dapat Mempengaruhi Bisnis Bisa Long Term Atau Short Term

Bisnis, Bisnis Long Term, Bisnis Short Term
Bisnis Long Term Atau Bisnis Short Term

Bisnis akan bisa menjadi bisnis Long Term atau Short Term bukan seberapa besar modal yang dimiliki tetapi lebih tergantung pada beberapa hal berikut ini.

  1. Niat Pebisnisnya sejak awal.
  2. Cara Mengelola bisnis yang di lakukan oleh pemiliknya.
  3. Visi yang dimiliki oleh pemiliknya.
Mari kita bahas semua itu lebih dalam lagi.

1. Niat Pebisnis sejak awal.
Semua berawal dari niat. Menurut saya semua hal yang akan dilakukan oleh seseorang sangat tergantung dari niat yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan, demikian pula dengan bisnis. Niat yang dimiliki seorang pebisnis akan menjadi tujuan kemana arah bisnis yang akan di tuju oleh dirinya sendiri. 


Jika pemilik atau pengelola bisnis ingin menjadikan bisnisnya sebagai bisnis jangka panjang maka ia akan berupaya mempersiapkan semua hal termasuk proses alamiah yang sangat penting sebagai penunjang kelangsungan bisnisnya itu untuk jangka panjang.

Apakah proses alamiah itu ?

Proses alamiah dalam berbisnis adalah sebuah keadaan atau tahapan-tahapan yang harus di lalui oleh seorang pebisnis untuk sukses dengan cara-cara yang alami dan bukan instan.

Pebisnis harus menngalami proses merintis, harus mengalami berbagai tantangan atau mengalami berbagai hal lain yang sama dengan semua orang saat berbisnis secara wajar.

Proses normal atau wajar dalam mengembangkan bisnis itu seperti berhitung sederhana, dimulai dari 1 lalu 2 lalu 3 dan seterusnya, itu adalah gambaran gampang dari sebuah proses bisnis yang wajar. Perlu waktu untuk mencapai sebuah tujuan dan perlu adanya tindakan yang maksimal untuk mencapai sebuah tujuan.

Niat seorang pebisnis dalam mengelola bisnisnya sama pereti sebuah tujuan, orientasi bisnis jangka panjang itu bukan hanya ingin menghasilkan keuntungan besar dengan sangat cepat saja sebab jika hanya ini sebagai tujuannya bisa saja pemilik bisnis akan melakukan berbagai cara negatif untuk dapat mewujudkan tujuannya itu.

Keinginan untuk segera dapat untung besar bisa saja menjadi tujuan penuh nafsu yang akan menghalalkan berbagai cara sehingga dapat membuat celah seorang pebisnis lupa diri dan melakukan banyak hal yang merugikan dirinya sendiri.

Niat yang baik adalah modal utama seorang pebisnis untuk menghasilkan bisnis jangka panjang, misalkan saja ketika kita akan menjual sebuah produk, maka kita akan mempersiapkan produk berkualitas sesuai dengan manfaatnya sehingga konsumen yang akan membeli akan merasakan manfaat dari produk yang kita jual tersebut.

Lalu dalam hal pelayanan purna jual, dengan memberikan garansi setelah pembeli membeli produk juga akan menyebabkan bisnis bisa lebih tahan lama, ini adalah bentuk rasa tanggung jawab dan cara memberikan pelayanan untuk tujuan membangun bisnis untuk jangka panjang (Long Term).

2. Cara Mengelola Bisnis.
Bisnis dengan tujuan jangka panjang akan di kella dengan baik, management yang sempurna dan lebih hati-hati dalam mengambil kebijakan atau sebuah keputusan.

Sebuah bisnis sama seperti mobil semua tergantung sopirnya, jika sopirnya memiliki kepribasian dan sikap positif lebih banyak maka mobil akan berjalan dengan mengikuti aturan di perjalanan yang sempurna, hal ini akan melahirkan perjalanan yang menyenangkan, keselamatan dan tertib.

Mobil yang di kendarai secara ugal-ugalan oleh pengemudinya pasti akan membahaya si pengemudi itu sendiri bahkan orang lain. Bisnis juga demikian jika di kelola secara baik oleh pemiliknya maka bisnis pasti akan bertahan lebih lama.

Dalam berbisnis terlalu takut dengan resiko tidak baik dan terlalu berani dengan resiko juga berbahaya, maka jalanilah bisnis dengan penuh kehati-hatian karena dengan berhati-hati saat menjalankan bisnis itu adalah sikap yang akan melahirkan keputusan sempurna sehingga setiap resiko yang lahir dari sebuah keputusan yang diambil pasti akan mudah juga melahirkan jalan keluar dari setiap resiko tersebut.

3. Visi Yang dimiliki oleh pemiliknya.
Visi adalah tujuan, baik berupa tujuan jangka pendek dan tujuang jangka panjang, dengan memiliki visi seorang pebisnis tanpa sadar telah membuat rencana bisnisnya untuk dapat  bertahan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Apa saja strategi yang akan di buat untuk 1 bulan kedepan misalnya, berarti si pebisnis telah mempersiapkan apa saja yang akan di kerjakannya selama 1 bulan dan Visi untuk 1 tahun kedepan misalnya, hal ini juga secara langsung si pebisnis telah merancang sebuah kegiatan selama 1 tahun, hal ini yang akan mengarahkan bisnis berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan sehingga penentuan target melalui visi dan misi tersebut tentu akan menghasilkan banyak karya dan aktifitas yang akan menjadikan bisnis bergulir mengikuti visi yang telah di buat.

Demikian teman-teman semoga bermanfaat, Hal Apa saja yang dapat mempengaruhi Bisnis Bisa Long Term atau Short Term.

Terima Kasih, silahkan berkomentar dan jangan lupa di share jika tulisan ini bermanfaat.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

0 komentar:

Post a comment