12 May 2020

Belajar Marketing Dari Pemilik Pemancingan



Apapun bisnisnya tetaplah dibutuhkan strategi marketing yg mumpuni dan berkelanjutan utk bisa bertahan di kondisi seperti sekarang ini..
Iklan berkelanjutan menjadi salah satu kunci yg paling utama agar bisnis tetap bisa bertahan bahkan maju ke baris terdepan dlm persaingan bisnis yg makin ketat. Berhenti beriklan sama saja bunuh diri secara perlahan di bisnis yg sedang kita lakukan.
   Hal ini juga dilakukan oleh seorang pemilik empang pemancingan di area sawangan depok yg bernama  Abang Diding. Ketika saya tanya apakah beliau melakukan stategi khusus dlm memasarkan empangnya, dlm satu kesempatan saya memancing dlm mengisi waktu luang. Beliau menjawab, "strategi khusus tdk ada, tp saya juga melakukan seperti org kebanyakan yg ingin produk yg dipasarkannya bisa terjual".
   "Ada 3 hal yg saya lakukan agar empang saya terus didatangi pemancing. Baik pemancing lama dan baru", tambahnya. Hal itu adalah :

*1. Iklan secara massif*
     Saya menyebar brosus yg berisi informasi ttg    empang ini di setiap toko umpan ikan yg ada di sekitar empang bahkan sampai radius 5km jauhnya. Brosur itu berisi ttg lokasi, gbr/foto empang, dan jenis memancing di hari tertentu dan harga. saya terus melakukan ini, menempel brosur di toko yg blm ada ttg info empang saya atau menggantinya dgn yg baru jika rusak di toko yg sdh ada.Saya terus melakukan ini tanpa berpikir bahwa org sudah tahu empang yg saya punya, karena yg saya tuju adalah org yg blm tahu. Banyak empang pemancingan tutup karena berhenti beriklan.

*2. Iklan Perorangan*
Yang saya maksud dgn iklan perorangan adalah beriklan melalui seseorang yg bisa mengundang orang byk utk dtg ke empang saya utk memancing (referensi).Biasanya yg saya pilih adalah org yg punya temen banyak di komunitas ataupun dr teman kantornya. Dan saya memberikan harga gratis utk org tersebut termasuk umpannya..

*3. Melayani yg sdh ada (servicing)*
Setiap yg dtg ke empang sy layani sebaik mungkin dgn senyuman, bisa dgn membantu membuat umpan atau menawarkan jasa yg lain seperti minuman atau makanan. Saya buat setiap yg dtg senyaman mungkin berada di tempat ini. Dan dengan harapan agar dia bisa kembali lain waktu.
" Itu saja yg saya lakukan selama ini hingga empang ini bisa bertahan belasan tahun hingga hari ini", tuturnya menutup cerita perjalanan bisnisnya.
   Hebat sekali orang ini pikir saya, walaupun hanya empang dan ikan sebagai produknya tapi dia melakukan prinsip dasar marketing dlm memasarkan empangnya  
    Ayo teman, mau bertahan dan berada si baris terdepan dengan produk anda sendiri??, Mulailah dari sekarang beriklan secara tepat dan berkelanjutan. Salam.

Nara Sumber:
Mohamad Amin
Direktur Support System 
PT. Cahaya Syurga Insani


0 komentar:

Post a comment