5 December 2020

Cara Bisnis BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember)

BUDIKDAMBER

BUDIKDAMBER ( Budidaya Ikan Dalam Ember ) bisa jadi bisnis yang cukup menjanjikan dan bisa di lakukan oleh siapa saja dengan modal murah. Berikut adalah penjelasan lengkap bagaimana cara BUDIKDAMBER yang mudah.

1. Persiapan Ember sebagai pengganti kolam.

Ember yang dapat di gunakan untuk BUDIKDAMBER adalah ember dengan ukuran besar yang dapat menampung air cukup sebagai pengganati kolam pembudidayaan ikan. Ember Plastik dengan ukuran 80 liter misalnya, ember jenis ini sangat cocok untuk BUDIKDAMBER. Ukuran ember ini cocok digunakan dalam BUDIKDAMBER.

Ember Plastik 80 liter yang akan di gunakan harus di persiapkan sebelum dipakai sebagai pengganti kolam ikan diantaranya adalah dengan membuat lubang pembuangan atau lubang untuk menguras isi air ketika kualitas air sudah kurang baik untuk ikan agar ikan tetap sehat. 

Pembuatan lubang untuk menguras air ember bisa dengan membuat lubang pada dasar ember dengan menggunakan alat solder listrik dengan besar lubang yang cukup untuk memasukan keran air dispenser air.

Keran dispenser banyak dijual di toko-toko bangunan dan harganya hanya Rp 10.000,- (1 keran). Keran dispenser air yang akan di pasang pada ember harus di letakkkan di bagian sisi bawah ember dan letakkan kira-kira 5-10 cm dari dasar ember pada sisi samping ember.

Lihat Gambar di Bawah ini.

Keran Pembuangan Air Ember


Setelah di pastikan keran dispenser terpasang dengan baik dan tidak bocor ketika air diisi kedalam ember maka saluran pembuangan air ember telah siap.

Keran buangan ember juga bisa di abaikan jika kita khawatir ember akan bocor karena adanya keran air dispenser yang dipasang maka untuk menggantinya kita bisa mempersiapkan mesin penyedot air untuk akuarium yang banyak dijual di toko peralatan aquarium di mana saja.

Lihat Gambar di bawah ini.

Mesin Penyedot Air Aquarium


Intinya adalah saluran pembuangan atau alat penyedot air yang digunakan untuk memudahkan proses penggantian isi air dalam ember agar kualitas air tetap terjaga dengan baik sehingga ikan dalam ember sehat dan dapat bertumbuh dengan baik. Memelihara ikan bukan hanya sekedar memberi makan saja tetapi juga tentang menjaga kualitas air agar tetap baik untuk ikan.

Modifikasi untuk ember BUDIKDAMBER juga harus di lakukan pada bagian atas ember dengan memberi beberapa lubang kecil pada bagian atas sebagai batas air paling atas dari ember agar ketika hujan air yg masuk kedalam ember tidak akan luber. Lubang-lubang kecil pembuangan atas pada ember kisaran 10-15 cm dari mulut atas ember.

Lihat Gambar di bawah ini.

Lubang Pembuangan Atas Ember

Modifikasi pada ember BUDIKDAMBER berikutnya adalah pada tutup ember. Buat beberapa lubang pada tutup sesuai selera dengan menggunakan pisau kater atau alat lainnya. Lubang pada tutup boleh di buat dengan berbagai motif bebas atau dengan menyesuaikan bentuk tutup ember saja untuk lebih memudahkannya. Tutup lubang dengan kasa nyamuk kawat agar ikan tetap dapat aman dan udara luar dapat masuk dengan sempurna kedalam ember.

Lihat Gambar di bawah ini.

Lubang Tutup Ember

2. Pengisisan air dan pemilihan air yang baik Untuk BUDIKDAMBER.

Setelah ember siap lalu langkah berikutnya adalah pemilihan air yang akan di masukkan kedalam ember. Air yang baik untuk di gunakan untuk BUDIKDAMBER adalah air sumur yang bersih dan tidak berbau.

Lalu bagaimana dengan air PDAM apakah bisa di gunakan untuk BIDIKDAMBER ?

Jawabannya adalah Tergantuk kualitas dari air PDAM itu sendiri, jika airnya tidak terlalu tinggi kadar Kaporit dalam air tersebut boleh-boleh saja untuk di gunakan, tetapi jika kandungan kaporitnya tinggi maka sebaiknya jangan di gunakan, karena kandungan kaporit yang tinggi tidak baik untuk pemeliharaan ikan dalam ember.

Setelah air yang akan dipakai sudah siap langkah berikutnya adalah dengan memaskan air kedalam ember dan mendiamkannya selama 2-3 malam tujuannya adalah agar bau dari ember plastik baru dapat hilang.

3. Memilih Ikan yang tepat untuk BUDIKDAMBER.

Ikan yang paling baik dan mudah dalam pemeliharaannya untuk BUDIKDAMBER adalah Ikan Lele. Ikan Lele adalah ikan yang memiliki ketahanan hidup lebih kuat dari ikan lainnya dan cara pemeliharaannya juga tidak terlalu sulit. Ikan lele juga dapat tahan di kualitas air yang kurang baik jika kita lupa mengganti air dalam ember.

Unruk ukuran ikan lele yang baik dalam pemeliharaan ikan dalam ember ( BDIKDAMBER ) adalah ukuran 8-9 cm) bibit ikan lele dengan ukuran ini sudah lebih kuat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik.

Berapa banyak Volume ikan dalam ember dengan Volume air 80 liter atau Ember 80 liter ?

Padat tebar bibit lele dalam ember dengan ukuran bibit ikan lele 8-9 cm maksimal 100 ekor dengan catatan air ember harus di ganti dengan air baru setiap 2 hari sekali.



Baca juga artikel tentang BUDIKDAMBER Ikan lele lainnya.


0 komentar:

Post a comment