1 February 2021

Berikut Penyebab Mengapa Tampilan Kamera CCTV Lost Atau Kurang Maksimal



CCTV (Close Circuit Television) adalah kamera pengawas yang terpasang pada suatu lokasi agar dapat terpantau melalui monitor atau Gadget (Untuk Keamanan).

Salah satu kendala paling besar untuk CCTV adalah kamera yang terpasang sering mengalami Lost atau Tampilan Kamera kurang maksimal seperti : Sering hidup-mati atau bahkan hilang sama sekali tampilan gambarnya pada monitor.

Berikut adalah beberapa kemungkinan yang bisa mengakibatkan tampilan Kamera CCTV Lost atau kurang baik tampilannya pada Monitor.

1. Kerusakan Kamera.

Kamera yang rusak salah satu penyebab utama mengapa tampilan kamera CCTV pada monitor kadang hidup dan mati atau bahkan Lost. Cara mengecek kamera yang masih berfungsi atau tidak yaitu dengan menutup kamera yang masih menyala dengan tangan pada lensa, jika masih terdengar suara "klik" berarti power kamera masih hidup tetapi kamera tidak dapat menampilkan gambar.

Bunti "Klik" saat lensa kamera di tutup dengan tangan adalah cara untuk menghidupkan saklar auto infrared pada kamera, jika berbunyi "klik" berarti sensor infrared pada kamera masih bekerja tetapi kamera sudah tidak bisa menampilkan gambar (Rusak).

Jika tidak ada bunyi "Klik" sama sekali ketika lensa kamera ditutup dengan tangan maka kamera rusak sama sekali.

2. Power Adaptor Kamera.

Standar Kamera CCTV menggunakan Power 12V dengan ampere 2A, tapi ada juga kamera yang menggunakan power suplai hingga 30A. Pemakaian Power Suplay tergantung pada jumlah kamera yang terpasang dan jarak titik kamera dengan DVR.

Salah satu penyebab Kamera CCTV Mati Bisa karena Adaptor kamera mati atau sudah tidak dapat bekerja dengan maksimal sehingga asupan tegangan DC dari adaptor ke kamera tidak ada dan ini bisa menyebabkan kamera mati atau lost.

Pada pemasangan kamera CCTV Dengan titik yang jauh jangan menggunakan adaptor biasa tetapi gunkanlah adaptor dengan Ampere lebih besar karena semakin besar amper yang di berikan oleh Power Suplay Kamera CCTV akan cukup untuk memberikan power atau tegangan pada kamera.

Kurangnya tegangan atau power yang diberikan pada kamera juga bisa menyebabkan kamera bekerja kurang baik bahkan mati total atau Lost.

3. Jek BNC.

Jek BNC atau Jek Konektor kamera CCTV juga bisa sebagai penyebab Lostnya kamera CCTV atau tampilan kamera yang kurang baik. Jek BNC Kendor, Lepas atau Rusak bisa menjadi penyebab utama kurang baiknya tampilan kamera CCTV. Maka lalukanlah pengecekan pada Jek BNC jika kamera CCTV kurang maksimal tampilannya.

4. Jek DC.

Salah pemasangan Jek DC atau Rusaknya Jek DC juga bisa menjadi penyebab kamera CCTV kurang baik tampilannya bahkan Lost,  karena itu jangan lupa juga untuk mengecek Jek DC pada perangkat CCTV yang tampilan kameranya bermasalah.

5. Terputusnya kabel Koaksial atau kabel UTP

CCTV yang bermasalah tampilan kameranya maka bagian yang harus di cek berikutnya adalah kabel penghubung antara kamera dengan DVR atau NVR, lakukan pengecekan pada kabel dengan cara mengikuti jalur pemasangan kabel yang telah terpasang pada kamera yang tampilannnya bermasalah tersebut.

Baik kabel koaksial atau kabel UTP atau kabel LAN yang di gunakan untuk menghubungkan kamera dengan DVR memiliki kesamaan fungsi yaitu menghantarkan signal kamera ke DVR atau ke NVR bila kabel terputus atau kabel kurang baik maka kamera akan Lost atau kurang sempurna tampilannya.

6. Kamera tidak sesuai dengan DVR/NVR.

Tidak sesuai antara kamera dengan Type DVR atau NVR juga bisa menjadi penyebab tampilan kamera pada monitor kurang baik atau bahkan mati, maka perhatikan lagi apakah kamera dengan DVR atau NVR Sinkron, Misalkan kamera 5MP hanya akan keluar gambarnya jika DVRnya juga Suport 5MP begitu juga pada NVR.

7. Sikring Power Suplay Box Mati.

Penyebab kamera CCTV mati juga bisa karena sikring pada power suplay Box mati, penyebabnya bisa karena konsleting pada kamera atau terbaliknya pemasangan kabel power pada jek DC, lakukan pengecekan bagian (+) dan (-) saat memasang jek DC.


Demikianlah beberapa penyebab mengapa kamera CCTV Mati (Lost) atau tidak tampil masimal, semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a comment