5 February 2021

Cara Buat Mobil Kamu Enak Dilihat (Modifikasi)


Jika kalian penggemar otomotif dan suka modifikasi pasti sudah tidak heran lagi yah kayanya dengan kata Modifikasi.

Orang-orang banyak melakukan Modifikasi dengan berbagai tujuan, diantaranya ada yang hanya iseng, ada yang serius bahkan ada juga yang tujuannya supaya tidak bosen mengendarai mobil kesayangannya.

Kesempatan ini saya akan berbagi informasi bagaimana modifikasi mobil secara umum atau cara yang paling banyak di lakukan orang saat melakukan modifikasi untuk mobil kesayangan mereka dan ini juga yang sudah saya lakukan pada mobil kesayangan saya yaitu Toyota All New Avanza Veloz 2014.

1. Ceper.
Ceper adalah langkah modifikasi paling awal buat saya dan sebagian orang saat memulai modifikasi mobil kesayangan, mengapa ? 
Karena dengan ceper mobil lebih terlihat keren walau kadang bantingannya lumayan beda dengan mobil standar yang belum ceper.

Menceperkan mobil usahakan jangan potong per ya guys, nanti bantingan mobilnya jadi tambah gak karuan. 

Ada banyak pilihan yang bisa kita lakukan untuk bikin mobil kita ceper, bisa dengan Custom pernya, Pakai Coil Over atau Pakai Airsuspentions. Kita tinggal sesuaikan aja budgetnya.

Asalkan jangan dipotong pernya, pasti hasilnya kurang nyaman walau mobil terlihat keren.

2. Ganti Velg.
Ganti Velg juga bikin mobil tambah ganteng dan cakep, pilihan velg bisa menyesuaikan kebutuhan kalian masing-masing yah.

Kalo saya pakai ring 17 karena saya suka dengan Velg yang agak besar agar terlihat lebih elegan.

Saat ini Velg mobil sangat banyak pilihannya dan kamu harus tetap hati-hati dalam memilihnya agar sesuai dengan Mobil kesayangan mu sendiri.

Prinsipnya Ganti Velg jangan napsu dan memaksakan mengikuti jaman atau trend aja yah guys.

Karena ikutin jaman belum tentu juga akan pas untuk mobil kita, kalo menurut saya sih begitu.

Nah, jadi kita harus hati-hati sekali lagi saat memilih mau pakai Velg apa di mobil kita.

3. Audio.
Modifikasi Audio juga banyak di lakukan para Modifikator pada mobil kesayangan mereka, termasuk saya, karena saya juga melakukannya pada mobil kesayangan saya Si Montok alias Toyota Avanza Veloz 2014.

Biasanya orang-orang ganti head unit, ada yang pakai doubledin atau pakai yang lagi juta sekarang yaitu Android. Untuk merek headunit doubledin atau android sesuaikan saja yah guys dengan kebutuhan dan budget kita masing-masing.

Setelah upgrade headunit biasanya kita juga disarankan pakai power atau monoblok dan juga mengganti semua speaker standar bawaan, tujuan melakukan ini adalah agar kualitas suara jadi bertambah lebih baik, namanya juga modifikasi jadi harus dapet perbedaannya dari suara audio yang sebelumnya.

Bukan maksud pamer ya guys, saya juga melakukan modifikasi pada audio si montok yaitu Headunit pakai Pioneer, power 4 Channel Pioneer, monoblok Pioneer dan Processore Venom, hehe ada satu yang gak nyambung ya.

Alhamdulillah suaranya juga jadi lumayan agak beda dengan yang standarnya.

Nah kalo kalian mau set Audio saya sarankan jangan napsu hanya buat dapet suara jelegur aja ya guys, semua harus di konsultasi kan dulu dengan para ahlinya agar kalian puas dengan hasilnya.

4. Ganti headlamp dan Lampu rem.
Modifikasi yang sering dilakukan juga oleh banyak orang adalah dengan mengganti headlamp dan Lampu rem belakang.

Sekarang lagi hits ganti headlamp pakai Projie dengan banyak lampu kedip-kedip guys, tapi awas jangan sampai terlihat terlalu alai ya guys.

Lampu headlamp Projie banyak dijual dimana-mana dan peminat nya juga cukup banyak.

Untuk headlamp kita bisa beli yang aftermarket atau kita custom sendiri ya guys, bebas aja deh yang penting bagus dan sesuai dengan kemampuan kita.

Yang penting setelah ganti headlamp dan Lampu rem belakang mobil jadi tambah keren.

Saran saya temen-temen dalam mengganti atau memodifikasi lampu-lampu harus hati-hati karena lampu berhubungan dengan kelistrikan mobil jika salah maka akibatnya fatal, mobil bisa kebakar jika ada konsleting.

Jadi harus hati-hati ya guys.

5. Body kit.
Body kit juga banyak dilakukan oleh para Modifikator mobil, ada yg ekstrim ada juga yang hanya merubahnya sedikit. Pada bagian ini sesuaikan saja dengan konsep modifikasi mobil kita yah guys.

Kalo saya belum menggunakan bodykit. Simontok hanya baru di rollfender nya karena Ban sering mentok Bender baik yang depan atau yang belakang.

Ada juga sebagian orang memasang sunroof pada mobil mereka agar tambah keren, bagus sih tapi ada konsekwensi yang harus di bayar jika kita ingin masang sunroof di mobil kita, yaitu harga jualnya nanti kalo sudah bosen Makai mobil kita sekarang dan ada niat mau ganti harga jualnya pasti jatuh guys, ya ini sih sekedar mengingatkan aja, tapi jika kalian bukan modifikator tanggung seperti saya silahkan sikat saja guys, pasang.

6. pasang Dastek atau Turbo Charger.
Modifikasi ini juga banyak dilakukan banyak orang untuk mobil mereka dan sekarang juga lagi hits banget.

Dastek dan Turbo Charger pada dasarnya berfungsi sama yaitu memaksimalkan mesin agar larinya tambah kenceng.

Dastek kerjanya berhubungan dengan ECU sedangkan Turbo Charger dengan kompresi angin pada mesin, kira-kira begitu guys.

Memang gak ada habisnya guys untuk urusan modifikasi mobil sih kayanya, tapi minimal kita bisa tahu apa yang sangat sesuai untuk kebutuhan kita dalam memodifikasi mobil kesayangan kita.

Begitu dulu teman-teman semoga informasi ini bermanfaat yah.


0 komentar:

Post a comment