4 March 2021

Warning !!! Lengkapi Ijin BPOM Baru Boleh Jual Dan Edarkan

Hati-hati untuk menjual produk tanpa ijin dari BPOM atau belum lengkapnya dokumen perijinan BPOM karena akan berakibat sangat fatal, selain di tariknya Produk yang tanpa ijin BPOM, ancaman hukuman Pidana juga bisa saja di jatuhi atas pelanggaran mengedarkan Obat dan Makanan tanpa adanya Ijin.

Mengapa sampai demikian pentingnya Ijin dikantongi sebelum mengedarkan atau memasarkanProduk ?

Tujuannya adalah agar adanya perlindungan bagi konsumen dalam hal ini adalah masyarakat luas saat akan membeli dan mengkonsumsi Obat dan Makan yang dibutuhkan.

BPOM sangat memiliki wewenang untuk melakukan Penarikan Obat dan Makanan Ilegal tanpa Ijin atau belum lengkap perijinannya dan akan memberikan sangsi Keras atas pelanggaran beredarnya Obat dan Makanan tanpa Ijin dari BPOM sendiri.

Berdasarkan peraturan pemerintah  No.80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawasan Obat Dan Makanan, kinerja BPOM telah terbukti banyak menyelamatkan konsumen yang juga adalah masyarakat Indonesia sendiri dari Oknum Produsen dan Distributor Obat dan Makanan yang tidak bertanggung jawab karena berani menyalahi aturan Ijin Obat dan Makanan dari BPOM.

Diantaranya pernah di lansir Oleh DetikCom, di tahun 2019 BPOM  Serang berhasil membongkar 12 perkara Obat Kosmetik Ilegal Senilai 4 M.

Ini semoga menjadi perhatian bagi semua Produsen agar lebih berhati-hati sebelum melakukan niat jahat yang akan merugikan konsumen dengan mengedarkan Obat atau makanan secara Ilegal tanpa Ijin BPOM.

Adanya BPOM makin menyulitkan gerakan Produsen Nakal untuk mencapai tujuan kenakalan mereka yang hanya bertujuan memperoleh keuntungan besar tanpa memikirkan akibat buruknya jika mengedarkan Obat dan Makanan tanpa Ijin BPOM.

Jika ada produsen yang nakal dan ingin bermain kotor dalam mengedarkan Obat dan Makanan yang mereka Produksi BPOM pasti akan bertindak cepat sehingga calon korban yang akan berjatuhan dari masyarakat umum pengguna obat dan makanan dapat di cegah.

Dalam urusan pengawasan beredarnya Obat dan Makanan tentu bukan hanya tugas BPOM saja, kita semua masyarakat Indonesia juga harus waspada, teliti, cerdas dan cekatan, jika menemukan kejanggalan saat membeli Obat dan Makanan sehingga menimbulkan kecurigaan Keaslian, Perijinan dan hal lainnya maka segeralah melaporkannya ke BPOM.

Kerja sama antara masyarakat dan BPOM tentu akan menambahkan kekutan baru sehingga kegiatan ilegal produsen nakal dan importir nakal tidak akan bisa bergerak bebas dalam melakukan kegiatan kejahatannya sehingga masyarakat luas sebagai konsumen juga semakin terlindungi dari peredaran Obat dan Makanan Ilegal tanpa Ijin BPOM.

Harapan Masyarakat terhadap Kinerja BPOM tentu sangatlah tinggi untuk memberikan perlindungan, sehingga konsumen yang juga adalah masyarakat sendiri nyaman karena terlindungi dari peredaran Obat dan Makanan Ilegal yang berbahaya, upaya penegakan hukum yang dilakukan BPOM akan mampu menciptakan rasa aman, nyaman dan tenang ditengah masyarakat saat  mengkonsumsi Obat dan Makanan.
 
Profesionalisme kinerja BPOM sendiri secara Internal yang memang sudah berjalan sangat baik semoga dapat terus di pertahankan, hal ini tentu menjadi harapan dari semua Masyarakat baik yang berposisi sebagai konsumen atau Masyarakat yang berposisi sebagai Produsen sehingga hubungan baik antara Masyarakat dan BPOM semakin erat dalam upaya memberikan edukasi tentang pentingnya ijin peredaran Obat dan Makanan serta penegakan hukumnya yang tegas, jitu dan tepat sasaran dapat berjalan dengan baik.

Jika misalkan di dalam BPOM sendiri ada permainan (dalam tanda kutip) dalam urusan perijinan beredarnya Obat dan Makanan, maka pada siapa lagi rasa aman dan nyaman untuk mengkonsumsi obat dan makanan dapat dijamin ?

Keadaan ini pasti ngeri, maka amanah yang di berikan Pemerintah kepada BPOM sangat tinggi nilainya dalam hal ini.

Pemberian Ijin harus benar-benar berdasarkan data dan infestigasi yang sempurna sehingga Obat dan makanan yang beredar memang adalah obat dan makanan yang sesuai dengan aturan undang-undang yang ada.

Sekali lagi, semoga rasa aman saat mengkonsumsi Obat dan makanan semakin terasa kenyamanan dan keamanannya semua karena adanya BPOM yang menjadi penghubung antara Masyarakat Produsen Dengan Masyarakat Konsumen dengan baik dan profesional.

Sukses selalu BPOM dan Maju Terus Dunia Produksi Indonesia.

0 komentar:

Post a comment