Tips Sukses Jualan

Bisnis, Tips Sukses Jualan

Tips Sukses Menjadi Penjual Yang Handal

Jualan adalah sebuah kata yang masih sangat menakutkan bagi banyak orang, karena merasa tidak mampu dan tidak BAKAT, bahkan tak jarang yang merasa MALU apabila di suruh untuk menjual atau menawarkan sesuatu. Hal ini tidak bisa disalahkan karena Menjual masih di TAKUTI oleh mereka, karena belum mengerti atau bahkan mereka membangun opini negatif tentang Jualan.
Berjualan bisa dilakukan oleh siapa saja, asal mereka mau melakukan dan mampu membuang opini negatif dari dalam diri tentang JUALAN.

Berikut Adalah TIPS SUKSES JADI PENJUAL.




  1. Kuasai Ilmu tentang produk yang akan anda jual, semua hal tentang produk  harus anda kuasai secara detil dan mendalam, tujuannya adalah, agar kita dapat mentransver pengetahuan produk kita kepada konsumen yang kita akan tawarkan.
  2. Yakin dengan Produk yang di jual, bagaimana kita dapat meyakinkan orang lain tentang produk yang kita jual kalo kita sebagai penjualnya saja tidak yakin dengan produk yang kita tawarkan. Waduhh bahaya !!!
  3. Ceritakan dahulu kelebihan dan manfaat baru harga, seorang penjual mobil mewah akan membukakan pintu mobil kepada seorang konsumen lalu memintanya masuk ke dalam mobil yang mau di belinya sambil di hidupkan mesin dan ACnya, mungkin kita bingung apa maksud sales mobil ini, Ternyata dia sedang membangun sebuah keyakinan kepada konsumennya itu, betapa nikmatnya naik mobil mewah ini. Harga tidak akan menjadi masalah untuk banyak orang jika manfaat dari barang yang di tawarkan sangat terasa manfaatnya.
  4. Jangan takut untuk di tolak. Pakai hukum rata-rata, banyak menawarkan banyak yang menolak pasti banyak yang membeli, sedikit menawarkan sedikit yang menolak sedikit yang membeli, apalagi tidak mau menawarkan... siapa yang mau membeli ??? Ingat tolakan tidak mengakibatkan perubahan apapun untuk kita, misal setiap mendapat tolakan kita benjol atau lecet, gitu ?? sepetinya tidak yah,.. he..he..he.
  5. Cari Motivasi Yang Kuat Untuk Apa anda menjual. Biasanya menjual yang kata sebagian orang memalukan akan mampu kita kalahkan bila kita telah menemukan motivasi atau dorongan yang kuat dari dalam diri, menjual akan menjadi lebih mudah, contoh, cobalah kita melompati pagar yang tingginya lima meter, pasti tidak mudah, bahkan ada yg mengatakan "kurang kerjaan" atau bahkan menolak. situasinya akan berbeda bila kita sedang di kejar seekor anjing besar yang sangat lapar dan menakutkan, apa yang terjadi ? jangankan tempok cuma lima meter sepuluh meterpun kita akan berupaya dengan penuh keyakinan untuk melompatinya. Jadi sesuatu itu menjadi mungkin bila alam bawah sadar mulai bekerja (auto sugesti). Carilah motivasi yang kuat dalam menjual !, Apa Tujuannya ?, atau untuk siapa hasilnya kelak apabila keberhasilan bisa di raih. Bisa jadi banyak orang yang akan anda mampu bahagiakan apa bila anda berhasil.
  6. Lakukan Terus dan jangan berhenti. Komitment adalah hal penting dalam melakukan penjualan, batu saja bisa bolong bila selalu ditetesi air di tempat yang sama, hari ini anda tawarkan tidak beli, tawarkan lagi besok, besok belum juga membeli, tawarkan  besoknya lagi, dan lagi, dan lagi. Jangan BOSAN, biarkan orang yang melihat anda bosan, tapi kita tidak boleh bosan. Tetaplah lakukan walau hanya langkah kecil.
  7. Buat Daftar Nama dan Perluas Pemasaran anda setiap hari. Tujuannya agar kita memiliki arah kepada siapa kita akan menawarkan, buat kenalan dengan orang baru, gunakan sosial media, dan berusahalah menjadi orang yang menyenangkan dan mudah bergaul, ini juga kunci penting. Selalu bersahaja dan jaga penampilan, karena kesan pertama begitu menggoda selanjutnya "akan BELI".
  8. Jangan Membenci orang yang menolak. Berusahalah untuk positif, Orang yang tidak membeli belum tentu karena produk anda jelek, mungkin banyak faktor yang harus lebih luas kita memandangnya,  mungkin mereka belum mengerti dengan produk anda, atau dia belum butuh sekarang, atau mereka kecewa atau trauma dengan produknya, atau pernah kecewa dengan penjual lain, ajak mereka untuk terbuka dan dengarkan keluhannya. Masukkan nama orang yang menolak di tempat cadangan sewaktu-waktu anda tawarkan lagi, tapi minimal positifnya adalah mereka tau bahwa anda menjual sesuatu, dia pasti akan ingat anda jika membutuhkannya.
Selamat Mencoba dan semoga berhasil, JANGAN PERNAH MENYERAH !!!
Sukses Selalu....