Cara Memulai Dan Mengelola warung Lengkap Dari A Sampai Z



Cara Mengelola Bisnis Warung Agar Maju Dan Berkembang belum tentu dimiliki oleh semua orang yang membuka warung, karena banyak warung hanya di kelola dengan cara asal dan pengaturan managemen yang tidak baik, sehingga warung selalu kehabisan modal dan akhirnya tutup tidak berjualan lagi.

Kita akan membahas bagaimana agar warung kita langgeng dan semakin maju.
Persiapan Awal.

Pilih Lokasi yang tepat untuk membuka warung.
Carilah lokasi warung yang ramai atau banyak orang lalu lalang, jika anda memungkinkan untuk membuka di rumah karena rumah anda memenuhi syarat ini silahkan. boleh saja, yang penting lokasi rumah anda ramai atau banyak orang lalu lalang.

Siapkan Etalase atau tempat untuk memajang produk-produk yang akan di jual.
Jika anda memiliki modal untuk membeli Etalase yang baru silahkan, harga etalase yang baru tidak terlalu mahal, untuk ukuran kurang lebin 2,5 meter berkisar antara Rp. 800.000 s/d Rp. 1.000.000,-.
Tapi bila anda yang tidak cukup untuk beli yang baru anda bisa cari di Jasa penjualan online atau tanya-tanya sama teman dan tetangga untuk informasi itu.

Buat gantungan-gantungan dari produk yang akan di jual
Biasanya produk-produk jualan warung lebih banyak dalam kemasan gantungan, jadi kita lebih mudah untuk memajangnya.
gantungan bisa anda buat dengan menggunakan bambu kecil, atau kawat yang berukuran agak besar agar lebih kuat, jangan menggunakan tambang karena tambang agak licin sehingga akan sulit mengatur gantungan dagangan anda nantinya.

Design tempat jualan dengan rapi dan bagus, tidak perlu uang banyak untuk mendesign warung, coba saja anda rancang sendiri dengan sederhana tapi rapi. karena ini sangat penting dalam menjaring konsumen, warung harus terlihat dari segala arah, jangan sampai ada bagian sisi warung yang tertutup atau terhalangi. semua barang harus terlihat dengan jelas. Ini sangat menentukan masa depan warung anda. Jangan malu-malu untuk memajang di tempat yang mudah dilihat oleh konsumen kita.

Langkah Berikutnya Mulai membuat daftar belanja untuk warung anda.
Jika anda bermasalah dengan modal, jangan khawatir, sukses bukan modal sebagai penentunya, yang terpenting bagaimana dengan modal yang ada bisa berkembang dan maju. itu yang paling penting.

Produk yang harus ada dalam daftar belanja anda pertama kali adalah :

Kelompok Produk Makanan Kebutuhan Sehari-hari :
Gula, Susu, Kopi, Mie Instan, Telur, dan lainnya.

Kelompok Produk Bahan Makanan :
Terigu, Aci atau Sagu, Mentega, Kecap Sachet, Saos Sachet, Kecap Botol Kecil, Saos Botol Kecil dan lain-lain, silahkan anda tambahkan sendiri.

Kelompok Produk Bumbu-bumbu :
Masako, Royko, rasa ayam dan sapi, Lada kemasan, terasi kemasan kecil, bumbu racik, dan sebagainya silahkan tambahkan ide anda.

Kelompok Produk Home Care atau Persabunan:
Sabun Cuci piring, sabun mandi, pasta gigi, samphoo, sikat gigi, pemutih pakaian, sabun untuk mengepel lantai, dan yang lainnya anda tambahkan sendiri.

Produk Rokok, pilih saja rokok yang laku di daerah anda, jangan beli semua, karena harga rokok lumayan mahal, maka hati-hati mengaturnya. 

Produk Minuman Kemasan:
Cari produk yang laku saja dalam kemasan gelas plastik, jika memungkinkan anda memang harus punya lemari es atau show case untuk memajangnya, atau pakai box minuman yang bisa di masukkan es.

Anda bisa tambahkan pilihan belanja untuk warung anda pertama kali, tapi jangan lupa pada saat belanja ke Grosir banyaklah bertanya barang apa yang laku di warung, jangan membeli barang yang kurang fast moving, atau lambat muternya.

Setelah belanja, mulailah kita rapikan warung dan atur sedemikian rupa agar warung kita menarik dan terlihat kinclong dengan barang yang terlihat dan tersusun dengan rapi.

Setelah semua terdisplay maka kita siap untuk berjualan.
Sabar adalah kunci utama dalam membuka warung, intinya adalah buka lebih awal dan tutup lebih akhir. apalagi bila anda buka warung di rumah itu jauh lebih mudah dalam menentukan waktu buka yang maksimal.

Catatan Penting :
  • Jangan Jual Terlalu mahal, ikuti harga pasaran, jangan heran jika untuk satu barang kadang untungnya hanya Rp. 500,- atau banhkan kurang. Tidak apa, sebab hitungan Ngewarung bukan dari satu barang.
  •  Setiap anda mengambil barang dari warung anda harus bayar, karena kita tau untungnya tidak seberapa, Terutama Rokok. ini banyak menjadi sebab kekurangan modal warung karena barang di pakai sendiri bukan di jual.
  • Setelah barang terjual, cepat belanja lagi dan jualan lagi, teruskan berulang-ulang. jangan pakai uang warung untuk keperluan yang lain, biarkan modal berputar pada produk, nanti ada saatnya anda bisa menikmati.
  • Jangan Memulai Warung dengan modal pinjam, waduh repot ngembalikannya. untungnya aja tidak seberapa.
  • Jangan terlalu banyak menerima titipan barang dari luar, walaupun tempo,  apalagi resikonya kita yang menanggung, lebih baik kalo memang ada beli kontan saja.
  • Atur keuangan dengan baik, karena usaha warung sekali lagi untungnya hanya sedikit.
  • Jika anda punya uang tambahan yang bisa di gunakan, boleh anda putar dulu untuk menambah ragam dagangan anda agar tambah menarik, nanti sisihkan uang yang terpakai itu dengan perlahan, atur saja. Toh.. kita belanja kebutuhan sehari-hari juga di warung kita sendiri kan ...
  • Jika memungkinkan, tambahkan ragam jualan anda dengan produk makanan anak-anak, baik yang sudah ada di grosir atau anda tambahkan sendiri hasil karya anda, yang penting sehat, murah dan menarik perhatian anak-anak, seperti, nuget goreng, bakso goreng, sosis goreng atau apa saja yang lain.
  • Jual Es batu, Buatlah sendiri dengan kemasan plastik 2 kiloan, ini juga lumayan untuk menambah perputaran uang, atau es yang lain yang anda bisa buat sendiri.
  • Sediakan juga sayuran, tetapi sediakan tidak perlu banyak, sebab sayuran mudah busuk, pilihlah sayuran yang apabila tidak laku bisa anda masak untuk makan sendiri.
  • Membuka warung harus sabar dan jangan cepat lelah, nikmati saja prosesnya, nikmati saja perjalannya, tidak lama selama anda rajin 2 atau 3 bulan warung anda pasti akan ada perkembangannya.

Terimakasih, Itu saja dulu, selamat berjualan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, nanti kita lanjutkan lagi dengan artikel Warung yang lain.
Salam Sukses selalu
Depok Bisnis Info.


Cara Memulai Dan Mengelola warung Lengkap Dari A Sampai Z Cara Memulai Dan Mengelola warung Lengkap Dari A Sampai Z Reviewed by Anonim on 01.07 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.