Berdagang Bambu Semakin Sepi Pembeli

Bisnis, Info, Bambu

Bambu atau dengan bahasa ilmiah Bambuseae adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan batang yang memiliki ruas serta rongga pada bagian tengahnya, bambu sekarang sudah sangat sulit di temukan dan bambu yang dulu banyak digunakan sebagai penyangga atap rumah jaman dahulu, kini sangat langka dan sulit untuk di temukan. 

Tahun 1980-an tanaman bambu masih sangat banyak dan kurang begitu berharga, kadang para pemilik kebun bambu di masa itu sangat tidak keberatan apabila pohon bambu yang ada di tanah miliknya ditebang untuk keperluan warga desa setempat jika dibutuhkan untuk membuat jembatan atau membangun rumah, dan apabila harus membeli sekalipun, saat itu harga satu batang bambu sangat murah, hitungannya bukan perbatang, kadang malah di hitung per rumpun (12 batang) dengan harga 1000 s/d 1500.

Sekarang, harga bambu di jual perbatang dengan harga yang beragam sesuai panjang dan ukuran, harga bambu sekarang antara 25.000 s/d 45.000 per batang, tergantung besar dan panjang bambu yang dijual. Mahalnya harga jual bambu di sebabkan semakin sulitnya mencari pohon bambu itu sendiri, lahan bambu yang dulu banyak di sekitar pinggiran kota jakarta seperti Depok, kini lenyap dan telah berubah menjadi banyak perumahan.

Penggunaan bambu sebagai penyangga atap rumah juga semakin berkurang peminatnya, karena fungsi bambu sebagai penyangga atap rumah telah di ganti dengan balok kayu atau rangka baja ringan yang lebih praktis dan tahan lama, keadaan ini semakin membuat sempurna tenggelamnya kebutuhan akan bambu yang berdampak pada para penjual bambu yang semakin sepi dengan pembeli.