Cara Memanfaatkan Waktu Luang Yang Efektif Untuk Bisnis

Bisnis, Info, Waktu Luang

Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Waktu luang adalah waktu yang ada di sela-sela kesibukan aktivitas sehari hari, waktu luang biasanya tidak akan tercipta jika kita tidak menciptakannya, waktu luang sebenarnya sangat berharga jika dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas yang positif, salah satunya adalah melakukan bisnis sampingan atau tambahan saat waktu luang ada ditengah kesibukan utama sehari-hari yang kita lakukan.

Bagaimanakah cara memanfaatkan waktu luang agar efektif dan bermanfaat.

  1. Menggunakan waktu luang untuk membangun relasi bisnis,  dengan cara melakukan pertemuan bersama teman atau relasi bisnis yang bertujuan untuk membicarakan startegi bisnis atau membuat rencana terobosan bisnis yang sudah berjalan agar lebih berkembang.
  2. Menggunakan waktu luang untuk melakukan bisnis atau usaha sampingan yang memiliki prospek  lebih cerah atau lebih baik dari usaha yang telah ada.
  3. Memanfaatkan waktu luang dengan melakukan hobi yang memiliki nilai produktif untuk jangka panjang.
  4. Memanfaatkan waktu luang dengan banyak membaca untuk manambahkan wawasan ilmu positif sehingga bertambahnya pengetahuan bermanfaat, sehingga terciptalah suatu ide atau gagasan yang baik untuk melakukan sebuah cara atau terobosan baru dalam berbisnis dan usaha. Cara menambahkan ilmu juga dapat dilakukan dengan menggali informasi melalui buku, majalah, koran, media online atau dengan cara apa saja yang bermanfaat.
  5. Memanfaatkan waktu luang dengan mengikuti seminar atau pelatihan yang dapat menambahkan wawasan dan rasa optimis tentang masa depan.
  6. Memanfaatkan waktu luang dengan membuat kegiatan sosial yang bermanfaat untuk orang lain dengan memberikan ilmu atau wawasan ilmu yang anda miliki dan anda kuasai, baik secara offline ataupun secara online sehingga bermanfaat. 



Kapankah waktu luang itu ada ?

  1. Jika anda bekerja, maka waktu luang itu ada saat sebelum berangkat kekantor, jam istirahat dan jam sepulang dari kantor hingga jam 7 malam, bahkan saat sampai dirumah sebelum jam istirahat anda, itu juga adalah waktu luang yang bermanfaat jika ingin dimanfaatkan, semua kembali kepada diri sendiri.
  2. Jika anda seorang pengusaha atau pebisnis yang memiliki usaha yang sudah berjalan dengan baik dan lancar, maka waktu luang untuk anda sangat banyak dan bahkan lebih banyak di bandingkan mereka yang bekerja sebagai karyawan, maka gunakanlah waktu itu untuk sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri, apalagi jika waktu luang yang anda miliki dapat anda gunakan untuk memberikan kontribusi positif untuk orang banyak, maka anda akan mendapatkan nilai keberkahan dalam kehidupan anda sendiri.
  3. Jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, waktu luang yang ada adalah saat semua aktivitas dalam mengurus rumah tangga telah selesai dan rapih, maka itulah waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk hal yang positif.
  4. Jika anda seorang pelajar dan mahasiswa, waktu luang yang anda miliki adalah saat liburan sekolah atau libur kuliah atau saat santai sepulang sekolah atau kuliah, itulah waktu luang yang dapat digunakan untuk suatu hal bermanfaat.
  5. Jika anda seseorang yang belum memiliki pekerjaan, maka seluruh waktu anda adalah sebuah peluang yang sayang jika tidak dimanfaatkan untuk melakukan sesuatu yang positif.
Sekali lagi, waktu luang tidak akan ada jika tidak kita ciptakan dan memanfaatkan waktu luang dengan melakukan hal positif lebih baik dibandingkan dengan menghabiskannya dengan sia-sia.
Banyak orang yang telah membuktikan dengan mendapatkan keberhasilan sempurna berawal dari memanfaatkan waktu luang yang mereka miliki dengan maksimal dan produktif.

Selamat mencoba, sukses selalu.
Terima kasih.