Cara Membina Downline Yang Paling Efektif Dalam Bisnis MLM

Bisnis, MLM, Membina, Mitra, Downline

Downline adalah seseorang yang bergabung dalam jaringan pemasan yang ada di bawah kita dalam bisnis MLM, downline bukan bawahan atau anak buah kita, dalam bisnis MLM downline adalah mitra kerja atau partner, karena itu membina dan menjadikannya mampu menduplikasikan apa yang sudah kita mampu lakukan kepada semua mitra adalah bagian terpenting dalam membangun jaringan sebuah bisnis MLM.

Ingat filosofi dasar dan sederhana dari bisnis MLM dalam artikel kita yang lalu adalah "Jika kita mau sukses, maka ciptakanlah orang yang sukses lebih banyak dalam jaringan kita".

Sebab akibat yang baik ini jangan kita lupakan jika anda menggeluti bisnis MLM dengan tujuan keberhasilan, oleh karena itu memiliki downline atau mitra yang berkualitas akan sangat mempengaruhi kualitas dari jaringan pemasaran bisnis MLM kita tersebut.

Bagaimanakan cara membina mitra atau downline dengan benar ?

1. Duplikasikan semua ilmu dan wawasan tentang MLM secara lengkap, dari product knowledge atau pengetahuan akan wawasan dan ilmu produk serta cara demo dan cara menjual yang efektif, RPU atau rencana pengembangan usaha (market plane) milik perusahaan kesayangan dan cara membuka wawasan dalam melakukan prospek atau sponsoring. Jika perlu buat dalam sebuah buku panduan sederhana lalu berikan kepada mitra atau downline kita tersebut.

2. Jadilah Upline yang SIAGA ( siap, antar dan jaga ). Siap jika dibutuhkan kapanpun oleh mitra yang membutuhkan bantuan dalam aktivitas bisnis MLM, baik dalam acara prospek atau sponsoring atau home party yang di lakukan oleh para mitra dalam jaringannya, Siap menjadi upline yang rajin untuk mengantar mitra untuk belanja ataupun training dan pelatihan secara rutin, serta selalu menjadi upline yang mampu menjaga nama baik diri sendiri dan mampu menjaga kesemangatan para mitra dengan memberikan contoh semangat lebih dulu, dan menjaga dari serangan atau pengaruh negatif dari kompetitor bisnis yang sama (Distributor Predator MLM lain).

3. Buatlah pertemuan rutin baik di rumah mitra atau di jaringan level dibawahnya, kadang kesemangatan mitra itu terjadi karena beberapa hal, yaitu:

  • Mitra merasakan komisi besar.
  • Mitra memiliki mitra yang semangat.
  • Mitra dapat melakukan penjualan atau sponsoring dengan sukses dan menghasilkan.
  • Mitra mengerti apa arah dan tujuan jangka panjang dari bisnis MLMnya.

Jika ke-3 hal ini dapat dirasakan secara langsung oleh para mitra dalam jaringan anda, maka bisa dipastikan jaringan atau mitra anda tersebut akan kuat dan bertahan.



selamat mencoba dan sukses selalu.
Terima kasih, teruslah berkarya.