Cerdas Belanja Supaya Tidak Tertipu

Tips, Belanja, Shopping

Semakin berkembangnya teknologi saat ini membuat berbagai sistem penjualan bermuncuan. Para ibu dihadapkan pada berbagai tawaran barang yang mengiurkan. Iming-iming harga murah perlu mendapat perhatian, sebaiknya kita berfikir panjang sebelum memutuskan untuk membeli. Kecerdasan dan analisa harus dijadikan modal utama agar kita tidak tertipu dalam berbelanja, cara cerdas apa sajakah itu ? 

1. Jangan Tertipu dengan Ciciln Murah (misal Rp.1000 /hari).
Waspadalah jangan tergiur dengan angsuran yang murah, karena belum tentu menjadi murah jika dihitung secara keseluruhan, bayangkan jika untuk membeli panci misalkan harus dengan kredit Rp 1000 /hari dan kita harus membayarnya dalam jangka waktu 1 tahun, Maka harganya jika dikalikan dengan jumlah hari dalam setahun akan menjadi dua kali lipat (Rp. 1000 X 365 hari = Rp. 365.000). sementara harga panci dipasaran kisaran antara Rp. 180.000 s/d Rp. 200.000 saja.

2. Jangan Tertipu Iming-iming Diskon 50-70%.
Jangan tergoda atas tawaran diskon yaang ditawarkan, karena bisa jadi sebelumnya harga sudah dinaikan terlebih dahulu sebelum didiskon.

3. Cari Tahu Kualitas Barang Atau Prooduk yang Ditawarkan.
Harga murah belum tentu kualitas produknya bagus. Bayangkan jika kita harus membeli pakaian dalam satu bulan sekali dengan kualitas yang jelek dan harga murah, bandingkan jika kita membelinya setiap enambulan sekali dengan kualitas yang bagus dan harga yang terjangkau, tentunya kita dapat berhemat. Jadi membeli barang yang murah dengantujuan menghemat malah mendapatkan hasil kebalikannya.

Belanja cerdas adalah belanja yang dapat memiliki manfaat terhadap barang dan manfaat penghematan uang belanja yang tepat.