Memilih Mobil Yang Tepat

Bisnis, Info, Mobil, Otomotif

Bisnis.
Artikel - Info Mobil.

Mobil sudah menjadi kebutuhan utama dalam hidup, salah satu penyebab mengapa orang memiliki keinginan memiliki mobil pribadi, karena sarana transportasi pribadi memiliki kenyamanan dan privasi yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan transportasi umum.

Memilih mobil yang tepat untuk digunakan juga merupakan pilihan yang tidak mudah, sebab ada beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih mobil  yang paling cocok dan tepat sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut adalah panduan sederhana cara memilih mobil yang tepat sesuai kebutuhan anda.

  1. Apa tujuan anda membeli mobil ? 
  2. Berapa besar uang yang anda miliki untuk membeli mobil ?
  3. Apakah mobil yang dibeli untuk pemakaian jangka panjang atau jangka pendek (suka dengan gonta-ganti mobil) ?

Mari kita bahas pertanyaan tersebut satu-persatu.


1. Apa Tujuan Membeli mobil ?
Jika anda membeli mobil dengan tujuan untuk  angkutan dalam bisnis yang anda jalankan dan untuk tujuan fasilitas keluarga, maka sangat di sarankan pilihlah mobil yang berukuran besar atau sedang, misal, Toyota Kijang Inova, Toyota Avansa, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, atau pilihan mobil yang lainnya sesuai selera dan kesukaan anda. Yang terpenting adalah apapun mobil yang anda gunakan dapat mencukupi kedua tujuan diatas yaitu, dapat melakukan aktifitas berbisnis (sebagai alat angkut dalam bisnis anda) dan juga memadai untuk tujuan fasilitas keluarga.

2. Berapa Besar Uang yang anda miliki  untuk membeli mobil ?
Jika anda memiliki budget yang mencukupi untuk membeli mobil baru, kami sarankan belilah mobil baru, garansi yang diberikan untuk mobil baru akan memberikan kenyamanan tambahan untuk anda dan keluarga. Mobil baru juga tidak memerlukan perawatan yang extra, cukup ikuti buku panduan pemilik kendaraan yang telah disediakan oleh masing-masing merk pabrik dari mobil, dan biasanya jika anda membeli mobil baru, banyak fasilitas gratisan, baik service atau ganti oli atau bahkan tune up dari showroom tempat anda membeli mobil tersebut.

Jika uang tidak mencukupi, anda juga boleh membeli mobil bekas yang masih bagus, dan saran untuk anda, belilah mobil bekas yang berusia paling lama 5 tahun kebelakang, karena mobil yang berusia lebih tua dari itu biasanya akan lebih banyak memerlukan biaya extra untuk perawatannya.

3. Berapa lama jangka Waktu pemakaian Mobil yang anda akan beli ?
Untuk berapa lama anda memakai mobil juga harus menjadi pertimbangan agar langkah keputusan anda berikutnya tidak terlalu merugikan anda. Jika anda tidak terlalu mempermasalahkan jatuhnya harga jual mobil milik anda setelah pemakaian beberapa waktu lamanya, maka anda tidak perlu menghawatirkan hal ini, tetapi bagi anda yang belum mengetahui bahwa harga mobil yang anda beli akan memiliki nilai jual yang cenderung turun dari  harga saat anda membeli mobil tersebut, hal ini harus diperhatikan. 

Jika anda membeli mobil keluaran Eropa, walaupun anda membeli dari baru melalui showroom, harga jualnya akan sangat jauh berbeda dengan harga membelinya, sebab harga jual mobil Eropa second di Indonesia kurang diminati di pasar mobil bekas, sehingga jauhnya perbedaan harga jual mobil anda akan sangat terasa walaupun anda belum lama memakai mobil kesayangan anda itu, oleh karena itu perhatikan hal ini jika anda hendak membeli mobil jenis dan merk dari Eropa.

Berbeda dengan mobil merek Jepang, dalam pasar mobil bekas di Indonesia, mobil asal jepang masih memiliki nilai jual yang cukup baik dan memiliki harga yang tidak terlalu besar perbedaannya dari harga pembelian, sehingga kerugian yang harus anda tanggung jika hendak menjual mobil merk jepang anda dalam waktu singkat tidak terlalu besar.

Semoga tips singkat ini berguna dan bermanfaat, selamat berburu mobil kesayangan anda, dan tetaplah berhati-hati dalam memilih dan mengambil keputusan untuk membeli mobil pilihan anda sendiri.

Selamat Jalan-jalan dengan mobil barunya.
Dan tetap ikuti aturan berlalu lintas yang aman.
Terima Kasih.