Merubah Hobi bermain Musik Menjadi Bisnis

Bisnis, Info, Hobi, Musik

Bisnis.
Artikel - Bisnis Info.

Bermain musik disamping merupakan hobi yang sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk menghilangkan kejenuhan, ternyata hobi bermain musik juga dapat di upgrade menjadi sebuah bisnis yang spektakuler. Berikut adalah beberapa bisnis yang terbentuk dari hobi bermain musik.

1. Membuka penyewaan studio musik.
Devinisi :
Bisnis yang memberikan pelayanan dalam bentuk penyewaan studio yang telah dilengkapi dengan satu set perangkat alat musik dan sound system pada suatu tempat atau studio musik.

Sasaran Konsumen:
Musisi amatir atau profesional baik perorangan atau group band, Musisi dari golongan Pelajar dan Mahasiswa.

Saran Lokasi Studio:
Beberapa tempat yang ada di tengah kota dengan akses transportasi yang mudah dan banyak, tempat haruslah nyaman dan memiliki ciri khusus seni dengan design interior dan eksterior serba musik. Lokasi terbaik untuk membuka studio musik disarankan dekat dengan lokasi sekolah atau kampus.

Service.
1.1. Pelayanan Didalam studio.
Service dan pelayanan pada bisnis penyewaan studio musik menggunakan waktu (/jam) atau Shif (1 shif terdiri dari beberapa jam). Penyewa menggunakan studio musik untuk latihan musik dengan peralatan yang telah disediakan.
1.2. Service dan pelayanan di luar studio.
memberikan service serta pelayanan penyewaan alat musik dan sound system di luar studio untuk satu acara tertentu (panggilan keluar) baik  penyewaan alat musik saja, sound system saja atau keduanya (Alat musik dan sound system). harga sewa peralatan biasanya adalah perhari atau per jam.

2. Digital Recording.
Devinisi:
Digital Recording adalah bentuk pelayanan dan service dalam bentuk  Penyewaan studio khusus untuk melakukan recording atau rekaman musik untuk musisi perorangan atau group band yang akan melakukan recording atau mixing.

Sasaran Konsumen:
Para musisi baik perorangan atau group band dari golongan profesional atau amatir yang ingin melakukan perekaman dan mixing dengan tujuan membuat demo musik atau album musik.

Saran lokasi:
Lokasi ditengah kota (strategis). 

3. Penjualan Alat Musik, Sound System dan Asesoris (perlengkapan tambahan musik).
Devinisi: 
Melakukan penjualan berbagai alat musik lengkap dengan asesoris dan perlengkapan tambahan musik.

Sasaran Konsumen:
Perorangan yang menggemari musik, profesional musisi dan musisi amatir.

Service dan pelayanan:
Menjual berbagai macam alat musik lengkap serta asesoris peralatan musik, juga menyediakan perangkat sound system lengkap.

Lokasi:
Disarankan membuka toko atau tempat penjualan berupa ruko. Disarankan membuka tempat penjualan alat musik yang memiliki lokasi strategis, atau membuka toko penjualan alat musik di dalam mall besar yang berada pada lokasi strategis ditengah kota.

4. Membuat Les Private  atau kursus musik.
Devinisi:
Mengajar musik private atau membuka sekolah musik dengan cara mendatangani langsung kerumah-rumah atau membuat kursus musik pada suatu tempat yang strategis ditengah kota.

Sasaran Konsumen:
Anak-anak yang berusia 6 tahun s/d dewasa.
Musisi amatir yang ingin meningkat menjadi musisi profesional.

Bentuk pembelajaran:
Memberikan wawasan ilmu bermusik secara luas dan profesional, baik dalam memberikan pendidikan cara memainkan alat musik secara benar dan juga mengajarkan bagaiman agar siswa dapat bermain musik dan membuat musik dengan menggunakan partitur.    
   
Tips.
Untuk memulai bisnis musik disarankan agar memiliki Guru musik yang telah berpengalaman dalam memberikan pengajaran alat musik dan cara bermain musik dengan membaca partitur, jika perlu carilah tenaga pengajar yang memiliki sertifikat resmi sebagai seorang pengajar musik.

Juga disarankan jangan terlalu banyak untuk menghabiskan uang modal dalam membuat insfratruktur terlebih dahulu, buatlah tempat bermusik yang nyaman dan kedap suara tetapi tidak harus berlebihan, utamakan peralatan bermusik yang berkualitas terlebih dahulu, karena ini juga mempengaruhi nilai jual terhadap tempat kursus yang kita miliki.

Utamakan pengeluaran modal di awal untuk ajang promosi lebih banyak, hal ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan jumlah siswa yang sangat mempengaruhi pendapatan dalam bisnis ini.  


Merubah Hobi bermain Musik Menjadi Bisnis Merubah Hobi bermain Musik Menjadi Bisnis Reviewed by Dwi Kurniawan on 17.11 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.