Sikap Positif Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis

Persaingan, Bisnis, Info

Bisnis Info.
Artikel - Bisnis.

Apakah sikap positif itu ?
Sikap positif adalah suatu hal baik yang datang dari diri berupa pikiran, penilaian, sikap dan tindakan terhadap suatu hal sehingga menimbulkan efek baik dan membawa manfaat.

Apakah Persaingan Bisnis ?
Persaingan Bisnis adalah Bentuk kegiatan atau cara-cara khusus dalam berbisnis yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan untuk meraih kepercayaan masyarakat, meraih pasar atau market pada lokasi, daerah, atau wilayah tertentu, dimana pada daerah atau wilayah tersebut terdapat bisnis dan  usaha yang serupa dan sama.
Persaingan dalam bisnis pasti akan dialami oleh semua pelaku bisnis, persaingan bisnis adalah hal yang tidak dapat dihindari, jangan pernah merasa tersaingi dalam bisnis jika ada bisnis atau usaha yang sama dengan bisnis yang kita jalankan hadir berdekatan dengan area atau wilayah bisnis kita. 

Semua orang memiliki hak yang sama untuk membuka usaha atau bisnis dalam wilayah atau daerah manapun dengan pilihan bisnis sesuai dengan keinginannya. Hal inilah yang harus kita sadari, jangan merasa tersaingi bila ada bisnis yang sama dengan bisnis kita  "buka baru"  pada wilayah atau daerah yang berdekatan dengan bisnis milik kita, berfikir positiflah, dengan semakin banyaknya bisnis yang sama pada daerah yang berdekatan akan lebih bermanfaat sebagai daya tarik konsumen atau pelanggan lebih banyak, karena image konsumen akan terbangun dengan sendirinya bahwa pada daerah anda itulah apa yang mereka cari semua ada, berkumpul dan lengkap.

Apakah yang harus dilakukan dalam menghadapi persaingan Bisnis ?


1. Tingkatkan Kualitas, mutu dan pelayanan.
Meningkatkan kaulitas, mutu dan pelayanan dalam bisnis yang anda jalankan adalah upaya yang harus diutamakan dalam memenangkan persaingan dalam bisnis, berbenah disegala sisi dalam bisnis yang kita miliki dalam menghadapi persaingan adalah penting.
  • Tingkatkan mutu,  kualitas dan kelengkapan dari produk, barang  yang ada dalam bisnis anda.
  • Tingkatkan pelayanan yang lebih profesional, ramah, sigap, cepat, rapi dan tepat waktu.
  • Hindari hal-hal yang menyebabkan kekecewaan konsumen atau pelanggan dan calon konsumen atau calon pelanggan, ingat "the buyer is the king" atau pembeli adalah raja, maka layanilah seperti seorang raja.
2. Jalin Hubungan Baik dengan Konsumen agar "Repeat Order" dapat berjalan.
Repeat Order adalah kegiatan konsumen membeli secara berulang-ulang kepada kita, alasannya adalah sederhana, mereka suka dengan pelayanan dan hubungan kedekatan dengan bisnis yang kita miliki. 
Menjalin keakraban dengan pelanggan, juga cara jitu dalam membangun repeat order atau pemesanan kembali, banyak cara membangun kedekatan dengan konsumen atau pelanggan diantaranya adalah:
  • Layani dengan tulus semua pelanggan secara adil.
  • Jadikan pelanggan atau konsumen atau relasi sebagai teman, sahabat atau saudara.
  • Berikan penghargaan kepada konsumen loyal, dengan memberikan reward atau hadiah tertentu, berupa diskon yang lainnya.
  • Ingat nama pelanggan, alamatnya dan kebiasaannya membeli atau memilih barang, berikan perhatian lebih kepada pelanggan loyal.
  • Kirimkan kartu ucapan atau berikan ucapan selamat secara langsung kepada konsumen atau pelanggan yang berulang tahun, ini juga bagian dari menjalin kedekatan dalam bisnis terhadap konsumen, pelanggan atau relasi bisnis anda.
Demikian penjelasan singkat bagaimana menerapkan sikap positif dalam menghadapi persaingan bisnis dan usaha.
Semoga bermanfaat, salam sukses selalu.
By. Bisnis Info