Apakah Lokasi Tempat Bisnis Yang Strategis Itu Penting ?

Bisnis, Lokasi Bisnis Strategis

Apakah Lokasi strategis dalam istilah bisnis ? Lokasi strategis adalah sebuah tempat yang dinilai representatif atau memiliki kelebihan dan keutamaan.

Lokasi Bisnis atauu usaha pada lokasi  strategis memungkinkan untuk di jadikan andalan dalam membuka sebuah usaha atau bisnis dengan banyak kelebihan seperti, Lokasi berada pada sebuah keramaian orang berlalu lalang atau sebuah lokasi yang mudah dijangkau karena memiliki akses jalan yang luas dari semua arah dan jurusan.

Lokasi strategis juga bisa di katakan sebuah lokasi usaha dan bisnis yang mudah untuk di datangi dengan menggunakan berbagai transportasi baik dengan menggunakan transportasu umum ataupun dengan menggunakan transportasi pribadi.

Saat ini memang tidak ada sebuah patokan yang di jadikan sebagai acuan sebuah lokasi atau tempat bisnis dikatakan sebagai tempat atau lokasi yang strategis, tetapi biasanya intuisi seorang pebisnislah yang sangat di andalkan dalam memilih tempat atau lokasi yang tepat ketika hendak memulai atau membuka sebuah usaha atau bisnis.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan yang di lakukan oleh banyak pebisnis dalam menentukan loasi bisnis atau usaha yang dinilai strategis.
  1. Lokasi berada tepat di sisi jalan raya atau jalan utama pada sebuah daerah yang ramai.
  2. Lokasi berada pada pusat kota, baik kota besar maupun kota kecil.
  3. Lokasi berada pada pusat perbelanjaan, seperti Mall dan lainnya.
  4. Lokasi berada pada pusat indutri atau pusat perkantoran.
  5. Lokasi berada pada pusat bisnis yang sama.
  6. Lokasi berada pada tempat tempat umum seperti bandara, terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, tempat wisata, rest area pada jalan tol, dan tempat ramai lainnya.
  7. Lokasi berada pada pusat layanan masyarakat umum seperti, lokasi yang berada pada sekitar rumah sakit, sekolah atau kampus.
Lokasi yang dinilai strategis juga harus mempertimbangkan usaha dan bisnis yang akan di buka pada lokasi tersebut, pemilihan bisnis yang tepat pada lokasi yang tepat juga sangat menjadi penentu suksesnya bisnis yang akan dijalankan pada lokasi strategis yang telah ditentukan.

Kendala yang biasanya akan ditemukan ketika menginginkan memiliki lokasi strategis dalam memulai usaha atau bisnis adalah :
  1. Harga sewa / harga beli tanah atau toko atau ruko pada lokasi strategis lebih mahal.
  2. Persaingan usaha dan bisnis pada lokasi strategis lebih ketat.
Dua kendala itulah yang menyebabkan banyak pengusaha yang memiliki modal pas-pasan selalu merasa tidak terlalu penting untuk memilih lokasi strategis yang mahal dan tidak terjangkau dan akhirnya mereka tetap memilih tempat yang dapat dijangkau dengan modal yang mereka miliki.

Memang tidak ada yang dapat menjamin dengan pasti, sebuah lokasi yang strategis dapat menghasilkan kesuksesan dalam usaha dan bisnis, apalagi jika usaha atau bisnis yang di buka tidak memiliki perencanaan yang matang untuk jangka panjang.

Sehingga lokasi yang strategis yang telah di beli atau di sewa dengan harga yang cukup tinggi akhirnya sia-sia saja.

Untuk mencegah terjadinya keadaan seperti ini ada beberapa hal yang perlu di lakukan secara maksimal agar lokasi strategis yang telah dipilih sebagai tempat usaha dan bisnis dapat efektif adalah :
  1. Pilihlah bisnis yang tepat pada lokasi strategis yang telah dipilih.
  2. Lakukan totalitas dalam memulai bisnis atau usaha pada lokasi strategis yang telah dipilih, totalitas bisnis yang harus dilakukan terutama dalam tindakan yang dapat memicu pendapatan besar, semua strategi harus di terapkan dalam tujuan ini, seperti : Design interior dan exterior tempat bisnis dan usaha yang nyaman dan unik, kelengkapan segala keperluan bisnis yang lengkap dan memadai, pelayanan yang memuaskan dan upaya sosialisasi serta promosi yang maksimal.
  3. Lokasi startegis juga harus ditunjang dengan kenyamanan yang baik, seperti : parkiran yang luas dan aman, segala kebutuhan orang yang datang pada lokasi bisnis atau usaha tersebut tercukupi atau memadai sehingga pengunjung yang datang akan betah untuk berlama-lama pada lokasi bisni atau usaha yang dibuka pada lokasi tersebut.
  4. Yang terpenting adalah servicing dan kualitas dari apa yang ditawarkan dalam bisnis atau usaha yang berada pada lokasi tersebut juga harus memiliki daya tarik yang besar.
Sebuah lokasi usaha dan bisnis yang berada pada lokasi strategis adalah bentuk sebuah investasi jangka panjang,  karena itulah sebagai pengusaha atau pebisnis jangan terlalu cepat untuk berfikir untung besar.

Dengan pengeluaran yang sudah pasti besar dalam memulai bisnis pada lokasi strategis sangat di sarankan sebagai pengusaha harus lebih bersabar dalam menghitung keuntungan dalam waktu singkat.

Hal yang lebih utama untuk dipikirkan adalah bagaimana bisnis yang telah dibuka dengan modal yang besar pada lokasi strategis ini cepat berjalan dengan baik dan dikenal oleh masyarakat luas, jika demikian maka keuntungan pasti akan di dapat dengan mudah.

Sekali lagi sebuah tempat atau lokasi usaha dan bisnis pada lokasi yang dianggap strategis merupakan hal penting atau tidak semua tergantung dari cara pandang setiap  pengusaha, lakukanlah banyak pertimbangan yang cerdas berdasarkan penelitian jika hendak memulai bisnis pada lokasi strategis yang sudah pasti akan membutuhkan modal untuk menyewa atau membeli tanah, toko, atau ruko untuk usaha dan bisnis yang akan dimulai.

Sebagai pebisnis, kita harus pandai untuk menentukan mana yang lebih penting, mana yang lebih utama untuk di lakukan ketika hendak memulai bisnis, tentunya harus di sesuaikan dengan kemampuan modal yang di miliki oleh diri masing-masing, jangan memaksakan untuk memiliki lokasi bisnis yang strategis diluar jangkauan, ketika memilih lokasi bisnis yang strategis harus di paksakan, maka akibatnya adalah akan terjadi ketidak seimbangan dalam memulai usaha atau bisnis yang akan dimulai dan ini langkah yang salah yang harus dihindari.

Terima kasih, semoga bermanfaat.
Salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

Posting Komentar

2 Komentar