Mau Jadi Pilot ? Berikut Adalah Cara Memilih Sekolah Pilot Yang Tepat Dengan License Terbang Yang Lengkap


Bisnis, Pilot, Sekolah Pilot, License Pilot, License Terbang, PPL, CPL, IR, MER
Pilot adalah sebuah profesi yang sangat diminati banyak orang, selain keren dan terlihat gagah dengan seragamnya yang khas, seorang pilot memiliki gaji besar ketika bekerja, semakin banyaknya maskapai penerbangan yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu sebab Pilot sangat di butuhkan dan banyak di cari. Untuk menjadi seorang pilot tentunya kita harus masuk sekolah khusus pilot terlebih dahulu. Sekolah pilot saat ini sangat banyak, kita dapat mendaftar untuk bersekolah di mana saja, tapi sebagai rekomendasi untuk kita semua, janganlah sembarangan dalam memilih sekolah Pilot, sebab sekolah Pilot yang berkualitas dan memiliki fasilitas yang lengkap sangat menentukan kualitas kelulusan siswa yang bersekolah pada sekolah tersebut.

Berikut Adalah Kriteria Penting Yang Harus Di Perhatikan Dalam Memilih Sekolah Pilot.

1. Pilihlah Sekolah Pilot dengan Fasilitas lengkap.
Seoarang lulusan sekolah Pilot yang berkualitas pasti akan mudah untuk bekerja. Fasilitas yang lengkap pada sebuah sekolah pendidikan Pilot sangat mempengaruhi kualitas dan kemampuan pribadi setiap siswa yang sekolah pada sekolah tersebut. Untuk menjadi seorang Pilot kita harus memiliki jumlah waktu terbang minimal 100 Jam, bagaimana kita dapat mencapai target itu dengan cepat, jika fasilitas pada sekolah tempat kita belajar untuk jadi Pilot tidak memiliki pesawat latih (Aircraft) yang memadai. Sekolah pilot yang memiliki fasilitas lengkap sangat terlihat dari banyaknya jumlah pesawat latih yang dimiliki oleh sekolah tersebut.

2. Instruktur Pengajar.
Sekolah Pilot yang harus masuk dalam pilihan kita yang pertama selain memiliki Fasilitas lengkap dan memadai, juga harus memililiki instruktur yang cukup, baik dari pengalaman maupun dari jumlah pengajar atau Instruktur itu sendiri, kadang banyak sekolah Pilot yang tidak memperhatikan ini. Penting untuk kita melakukan beberapa pengamatan pada bagian ini  sebelum memutuskan untuk bergabung untuk belajar.

Teliti terlebih dahulu berapa orang jumlah Instruktur yang mengajar pada sekolah Pilot tersebut dan setiap Instruktur harus menangani berapa orang siswa. Mengapa ini penting ? sebab semakin banyak siswa yang belajar dengan jumlah Instruktur yang sedikit akan mempengaruhi waktu kelulusan, semakin sedikit instruktur, maka untuk bisa terbang kita harus lama mengantri dan menunggu giliran, semakin lama mendapatkan giliran untuk terbang, maka semakin lama juga pengalaman jam terbang yang akan kita dapatkan, Semakin lama mendapatkan pengalaman jam terbang, maka semakin lama kita lulus, semakin lama kita lulus, maka semakin besar biaya yang harus di keluarkan untuk bersekolah.

3. Bahasa Pengantar.
Sekolah Pilot yang layak untuk di pilih menjadi pilihan pertama adalah sekolah Pilot yang menerapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar ketika proses belajar berlangsung, karena Seorang Pilot harus fasih berbahasa Inggris baik tulisan ataupun lisan. Sekolah yang bagus pasti akan memasukkan program belajar bahasa Inggris bagi siswa yang belum mahir berbahasa Ingris secara gratis.

4. Jumlah Murid Terbatas dan Multi Kultural.
Jumlah murid juga sangat menjadi penentu mutu dari sekolah Pilot, semakin banyak murid belum tentu sekolah itu bagus, sekolah yang bagus malah belum tentu memiliki murid yang sangat banyak, sebab selain karena biaya yang mahal dengan fasilitas yang sesuai, sangat mungkin menjadi alasan sedikitnya murid yang mendaftar pada sekola pilot yang sangat bagus tersebut.

Sekolah Pilot yang bagus juga harus bertaraf Internasional dengan bukti banyaknya siswa yang belajar bukan hanya dari penduduk lokal, hal ini juga penting untuk di perhatikan, karena juga sangat bermanfaat bagi siswa. Sekolah Pilot yang Multi Kultural akan lebih baik dalam membentuk karakter seorang Pilot yang handal.

Setelah mendapat pilihan sekolah Pilot yang tepat,  lalu tentukanlah tujuan dari License yang ingin kita dapatkan pada sekolah yang telah kita pilih tadi.

Berikut Adalah License Pilot Yang Dapat Kita Pilih Sebagai Tujuan Untuk Sekolah Pilot.

1. Private Pilot License (PPL).
PPL adalah license Pilot yang paling awal bisa di dapatkan oleh seorang siswa yang sekolah pada sekolah Pilot. License PPL digunakan untuk menerbangkan pesawat bermesin tunggal dan Pilot yang hanya memiliki License ini boleh terbang hanya untuk kepentingan pribadi bukan komersial, lulusan sekolah Pilot dengan License PPL dapat menyewa pesawat dimana saja untuk terbang dengan tujuan membawa keluarga atau teman dengan tujuan Non Komersil, License PPL tidak boleh untuk membawa pesawat komersil dan mengangkut penumpang komersil.

License PPL juga boleh menerbangkan pesawat Jet dan Helikopter untuk sekedar jalan-jalan udara atau rekreasi atau untuk keperluan penerbangan bisnis pribadi. Pilot yang memiliki License PPL hanya boleh terbang pada siang hari yang cerah, tidak boleh pada malam hari, bahkan jika siang hari terjadi cuaca yang kurang baik Pilot tersebut juga dilarang untuk terbang.

2. Commercial Pilot License (CPL).
CPL adalah License Pilot yang bisa di peroleh seorang siswa pada sekolah penerbang untuk melakukan penerbangan komersil atau penerbangan non komersil dengan membawa penumpang komersil atau non komersil, seorang pilot dengan License CPL dalah Pilot yang telah memiliki jam terbang minimal 200 Jam dan Pilot tersebut dapat bekerja pada sebuah maskapai penerbangan, tetapi jam penerbangan, jarak tempuh penerbangan serta waktu penerbangan masih di batasi sesuai dengan License CPL yang di miliki oleh Pilot tersebut.

3. Instrument Rating (IR).
IR adalah License tambahan untuk melengkapi License CPL yang telah di dapatkan oleh seorang siswa lulusan sekolah Pilot, Pilot yang telah memiliki License IR dapat menerbangkan pesawat di malam hari dan juga di perbolehkan terbang pada cuaca yang agak buruk selama masih memungkinkan untuk terbang, seperti cuca berkabut, mendung dan kondisi apapun yang dapat menghalangi pandangan dan penglihatan. Pilot yang memiliki License tambahan IR dapat tetap terbang di cuaca buruk selama masih dalam jangkauan Instrument Flight Rule (IFR) dan Visual Flight Rule (VFR).

License IR dapat di peroleh seorang siswa Pilot pada sekolah penerbangan setelah mendapatkan License CPL dengan menabah jam terbangnya menjadi bertambah 20 Jam lagi.

4. Multi Engine Rating (MER).
MER adalah License yang dapat di peroleh oleh seorang siswa pilot atau penerbang yang sekolah pada sebuah sekolah penerbangan setelah sebelumnya siswa pilot atau penerbang tersebut telah memiliki License PPL, CPL dan IR. License MER dapat di gunakan untuk melakukan penerbangan dengan menggunakan pesawat Multi Engine atau pesawat bermesin ganda/banyak, Seorang Pilot yang memiliki License MER selain dapat menerbangkan semua jenis pesawat kapan saja dan dalam situasi apa saja yang memungkinkan untuk terbang, juga dapat menjadi instruktur pada sebuah sekolah penerbangan.

Demikianlah teman-teman beberapa hal penting untuk di ketahui sebelum menjadi seorang Pilot lengkap dengan beberapa tujuan untuk mendapatkan License Pilot yang sesuai dengan tujuan kita belajar pada sekolah penerbang atau pilot, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih.
Salam Sukses Selalu.
Depok Bisnis Info.

Posting Komentar

0 Komentar