Cara Sukses Bisnis Menjual Buah Segar

Bisnis, Buah, Buah Segar, Bisnis Buaah Segar, Bisnis Menjual Buah

Berdagang buah segar adalah bisnis sederhana yang dapat dijalankan oleh siapa saja, keuntungan yang bisa di dapatkan juga cukup lumayan, sedangkan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu besar, bahkan banyak juga pedagang buah segar yang berjualan tanpa modal sama sekali, mereka langsung mendapatkan pasokan buah segar dari suplier besar dengan sistem titip jual dengan catatan, buah segar yang telah dititipkan untuk di jual tidak dapat dikembalikan dan harus terjual habis dalam jangka waktu tertentu. Semua resiko dari buah yang tidak terjual sepenuhnya ditanggung oleh penjual buah yang dititipkan tersebut.

Ada juga beberapa pemasok buah yang meminta sebagian uang setoran di muka dari total harga buah yang akan dititipkan, sistemnya tetap tidak berubah yaitu titip jual, semua resiko di tanggung oleh si penjual buah, buah yang dititipkan juga harus terjual habis dan tidak bisa di kembalikan.

Agar berdagang buah dapat menghasilkan keuntungan yang memuaskan, berikut adalah cara sukses berdagang buah yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda.

1. Berjualan Buah pada Lokasi yang Strategis (Di Pasar/Lokasi Strategis Lainnya).
Jualan di pasar tradisional atau lokasi strategis lain adalah syarat mutlak sebagai penunjang sukses yang paling utama untuk berjualan buah segar, karena pada tempat-tempat tersebut konsumen dan pembeli akan lebih banyak, baik yang berbelanja buah untuk keperluan pribadi ataupun yang berbelanja buah untuk di jual kembali.

2. Buah segar yang akan di jual harus lengkap.
Salah satu yang menjadi daya tarik saat menjual buah segar adalah lengkapnya stock buah pada tempat kita berjualan. Semakin lengkap buah yang di jual, maka pembeli akan semakin banyak dan ramai. Buah yang di sediakan dengan lengkap juga bertujuan untuk menjadi daya tarik tambahan bagi pembeli diantaranya adalah agar ketika mereka datang untuk belanja buah tidak hanya membeli satu jenis buah saja.

3. Menjual dengan harga Murah tetapi tetap untung.
Maksud dari strategi ini adalah saat menjual jangan terlalu mahal, ambilah untung sedikit dari jenis buah yang beragam/banyak, strategi ini sangat efektif dalam mempercepat perputaran berdagang buah segar, kenapa menjual buah harus cepat perputarannya, sebab buah jika terlalu lama tidak terjual maka akan busuk sehingga kurang menarik.

4. Atur keuangan yang baik.
Berjualan buah segar membutuhkan pengaturan uang yang ketat, sebab jika salah mengatur keuangan hasil dari omset penjualan maka kita akan mengalami kesulitan modal, sehingga penyusutan uang modal akan sangat terasa sekali.

5. Menjual dengan harga mahal tetapi tidak kehilangan konsumen.
Strategi ini harus di iringi dengan pengetahuan akan ilmu psikologi, maksudnya adalah pembeli yang datang untuk membeli buah ada juga yang tidak pernah mempermasalahkan harga, yang penting bagi mereka adalah kualitas buah yang akan mereka beli harus memiliki kualitas yang bagus, di sinilah insting sebagai penjual buah harus di mainkan, lakukan penawaran harga terbaik berdasarkan kualitas dari buah yang di jual dengan melakukan pendekatan secara psikologis kepada setiap konsumen yang datang. Pendekatan secara psikologis akan melahirkan kesimpulan penggolongan konsumen yang tepat, apakah mereka itu pengguna buah berkualitas atau pembeli buah untuk di jual lagi.
dari kedua tipe konsumen ini tentunya akan melahirkan harga jual yang berbeda.

6. Menjual buah segar sekaligus melayani pesanan parcel buah.
Salah satu kesuksesan penjual buah adalah menjual parcel buah, parcel buah saat ini sangat banyak diminati pembeli, parcel buah juga tidak memerlukan waktu khusus, kapan saja pembelinya akan datang untuk memesan, parcel buah juga banyak di butuhkan untuk acara perkawinan (pelengkap seserahan), parcel untuk oleh-oleh, parcel untuk menjenguk orang sakit di rumah sakit.

Untuk dapat melayani pembeli parcel buah, pedagang buah harus terampil merangkai buah hingga memiliki nilai keindahan yang tinggi setelah selesai di rangkai menjadi parcel, selain itu semua perlengkapan penting sebagai penunjang aktifits menjual parcel buah juga harus tersedia di tempat anda berjualan buah segar, sehingga ketika ada pesanan parcel buah langsung dapat di buatkan dengan cepat. Perlengkapan yang harus ada adalah wadah parsel dengan berbagai ukuran yang lengkap, hiasan parcel, plastik hias parcel/covel parcel.

Bisnis, Buah, Buah Segar, Bisnis Buaah Segar, Bisnis Menjual Buah

7. Menjadi pengecer dan Grosir.
Kedua cara berdagang ini harus di jalankan bersamaan. Untuk memperoleh keuntungan lebih besar, maka buah segar harus di jual secara ecer, pembeli diperbolehkan membeli dalam jjumlah pembelian yang sedikit.

Menjadi grosir juga harus di lakukan saat berjualan buah, walaupun menjual sebagai grosir keuntungannya sedikit, tetapi kita akan tetap untung besar dari jumlah (Quantity) dan dari jumlah (jenis/item dari buah yang di jual). Selain itu tujuan menjual secara grosir agar mempercepat perputaran uang.

8. Pandai mencari pasokan buah murah dengan kualitas bagus.
Saat berburu buah untuk belanja buah segar di grosir buah atau pemasok buah segar, kepandaian untuk memilih buah yang tepat dengan kualitas bagus dan harga yang murah akan melahirkan keuntungan besar, Kepandaian dalam berbelanja seperti ini juga harus di miliki oleh pedagang buah yang ingin sukses.

Saat berbelanja buah segar di grosir buah segar, kepandaian menawar harga juga harus di miliki agar kita dapat memperoleh buah segar yang berkualitas dengan harga yang murah. Semakkin murah harga pembelian buah segar maka keuntungan berjualan akan lebih besar.

9. Pandai menciptakan Repeat Order dari pelanggan/Konsumen/Langganan.
Pedagang yang ramah, jujur dan memiliki kepribadian baik tentu lebih di sukai oleh pembeli, banyak konsumen yang akhirnya menjadi konsumen loyal, karena terjalin hubungan baik antara penjual dengan konsumenya. Disinilah kepercayaan akan tumbuh dari konsumen atau pelanggan kepada si penjual buah segar, jika hal ini telah terbentuk dengan baik, maka menjual buah akan semakin mudah dan Repeat Order akan selalu berjalan dengan sempurna.

Demikianlah artikel singkat tentang cara sukses bisnis menjual buah segar, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

Terima Kasih dan salam sukses selalu.
Depok Bisnis Info.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Terima Kasih. Artikelnya sangat membantu, sangat bagus dan mudah untuk dipahami.

    MyBlog

    BalasHapus