Sepi Dan Jarang Pembeli ? Jangan Mengeluh !

Bisnis anda sedang sepi dan jarang pembeli ? Jangan putus asa dan jangan mengeluh !
Kebiasan berputus asa dan selalu mengeluh bisa menyebabkan semakin menurunnya semangat untuk bertahan dan terus berupaya.
Pebisnis yang sering mengeluh sangat bahaya untuk bisnisnya sendiri karena mereka akan kehilangan daya juang dan keinginan untuk tetap berupaya saat sepi pembeli.
Mental juga akan semakin menurun bahkan tak sedikit mereka yang sering mengeluh lebih memutuskan untuk berhenti berbisnis karena alasan-alasan yang tak masuk akal.
Seharusnya saat sepi pembeli pebisnis banyak berfikir apa masalahnya agar tahu penyebab sepinya pembeli. Langkah evaluasi karena sepi pembeli tentu lebih berguna ketimbang mengeluh dan berputus asa.
Penyebab sepi pembeli itu bisa karena:
1. Lokasi kurang strategis.
Lokasi sangat menentukan minat pembeli datang ke bisnis anda, maka pemilihan tempat penting sekali untuk di perhatikan, maka sebelum membuka usaha upaya survei tempat bisnis harus benar-benar sempurna. Jika lokasi bisnis berada dalam tempat umum seperti mall atau perkantoran maka anda juga harus perhatikan keramaian tempat tersebut dari pengunjung. Perhatikan kapan saat puncak ramainya pada lokasi dan kapan puncaknya sepi pengunjung pada lokasi, jika kita telah punya kesimpulan dari data tersebut maka kita akan mudah mengatur strategi pemasaran untuk bisnis kita sendiri.
2. Cari Tahu Penyebab Mengapa Sepi ?
Bisnis sepi pengunjung ada 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal lebih pada Produk yang di jual dan pelayanan atau servicing, coba lakukan evalusi di kedua hal ini. Mungkin saja sepi pengunjung karena produk yang di jual kurang diminati pembeli atau kurang enak rasanya (jika produk makanan) sedangkan dalam pelayanan atau servicing, mungkin masih ada kekurangan juga dalam bidang ini, maka coba juga lakukan evaluasi.
3. Sepi karena banyak pesaing.
Untuk masalah ini kita harus benar-benar perhatikan pada semua hal secara detil apa perbedaan dan persamaan antara bisnis kita dengan pesaing, cari tahu qpa yg seharusnya keunikan yang menjadi perbedaan antara bisnis anda dengan pesaing, langkah ini tentu sangat membantu.
4. Sepi karena musim tertentu.
Sepi bisnis biasanya ada faktor fundamental sebuah wilayah atau bahkan sebuah negara secara ekonomi. Jika daya beli masayarakat secara ekonomi menurun maka otomatis pasti akan juga berpengaruh dengan bisnis kita.

Beberapa contoh evaluasi seperti diatas bagi kita yang mengalami sepinya pembeli dalam bisnis yg kita miliki bisa menjadi acuan dan pertimbangan sebagai langkah evaluasi sehingga dapat melahirkan gerakan antisipasi sederhana dalam menghadapi kendala sepinya pembeli pada bisnis yang kita jalankan.

Pesan saya sebagai penulis adalah jangan berputus asa dan tetap semangat sebagai pengusaha, karena mereka yang sukses selalu berupaya dan bertahan dalam bisnis mereka apapun kendalanya.

Salam sukses selalu.
Indra Dwikurniawan S.kom
Penulis

Posting Komentar

0 Komentar